Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang
menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri
sebenarnya adalah sebuah sistem informasi.
Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah
organisasi antara lain :
- Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
- Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
- Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan
transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi
keuangan.
Ciri dalam transaksi SIA :
- Menghasilkan jumlah data yg besar, yg tiap hari selalu diproses, disimpan dan membutuhkan kecepatan akses yg cepat serta keakuratan yg tinggi
- Membutuhkan kemudahan dalam pengoperasian pengontrolan serta prosedur error-checking yg baik dalam menjaga sekuritas dan keakuratan data
- Dirancang khusus untuk kemudahan audit data, serta tracing (menelusuri) transaksi yg terjadi
- Beberapa menggunakan aplikasi DDS dan MIS, misal digunakan dalam menentukan estimasi dan perencanaan anggaran.
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan
laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak. SIA ini sangat diperlukan
dalam menjalankan suatu usaha sebagai tolak ukur seberapa besar usaha kita
sudah berkembang.
Omega Accounting adalah salah satu software yang mendukung Sistem
Informasi Akuntansi di Indonesia. Dengan Lengkapnya fitur yang dimiliki,
Omega dapat menunjang SIA dalam banyak bidang usaha, antara lain :
- Pub’n Resto
- Café
- Cakeshop/ Bakery
- Spa/ Salon
- Butik/ Distro
- Toko Buku
- Minimarket
- Bengkel
- Toko Bangunan
- Distributor
- Dan masih banyak lagi…
Tidak hanya mengandalkan kelengkapan fitur yang kami
miliki, namun service after sales tetap terus meningkat, karena kami sadar
sebagai software developer bahwa dalam pembelian sebuah software tidak dapat
dilepaskan tanpa seorang guide yang terus memandu anda agar anda dapat mengerti
alur dan penggunaan dari software.
Jenis-jenis software pada akutansi
A. KRISHAND
Software
Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll,
Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax /
Krishand PPh 21 merupakan software database yang membantu Anda di dalam
mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini,
persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis dan efisien tanpa perlu
dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun
kesalahan sepele lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software
pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan
internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang telah
diinput. Untuk membantu Anda melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software
Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
Anda seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data
penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak
Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti
KELEBIHANNYA :
1.
|
Cepat dan
Akurat
|
Dengan
software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari
kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering
terjadi jika dilakukan secara manual..
|
|
2.
|
Praktis
|
Dapat
mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan
dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.
|
|
3.
|
Review setiap
saat
|
Memungkinkan
untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa
harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik berkas.
|
|
4.
|
Up to Date
|
Semua
formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru
yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir.
|
|
5.
|
Membuat kerja
lebih efektif, efisien dan hemat waktu.
|
KEKURANGANNYA :
1. Tidak tahu
bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.
2. Model bisnis
yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3. Kepemilikan
yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR
( Intellectual property Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah
dalam penelitian yang didanai selama ini.
4. Tidak adanya
dukungan komersial.
5. Terlalu
banyak variasi dari OSS.6.
6. Usabilitas
yang masih kurang baik.
7. Terbatasnya
sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
B. ACCURATE V3 Standard
Software
akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan
General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami memberikan 2 (dua)
license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke dalam 1 (satu) database dalam
waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar
yang terdapat di versi ini adalah:
1.
Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2.
Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada
hubungan dengan pajak (PPN).
3.
Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang
lebih lengkap
4.
Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5.
Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan
item.
6.
Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
7.
Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain
fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang
telah dilakukan di versi 3:
KELEBIHANNYA :
1.
Customer & Vendor
-
Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
2.
Purchase Order
-
Ada penambahan field Terms, dan FOB
3.
Purchase Invoice
-
Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
4.
Receive Item
-
Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih
(Unbilled goods).
5.
Purchase Return (d/h: Debit Memo)
-
Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase
Invoice.
6.
Vendor Payment (d/h: Make Payment)
-
Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah pengarsipan.
7.
Sales Order
-
Ditambahkan field Salesman
8.
Sales Invoice / Delivery Order
-
Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
KEKURANGANNYA :
1. Single
login. Hanya bisa login menggunakan user supervisor.
2. Membuka
database dari local PC, tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
3. OEM license,
tidak bisa dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4. Tidak untuk
pemakaian multiple user, tidak diperbolehkan menambah license.
5. Tidak
mendapat diskon untuk major upgrade atau trade-in.
C. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang di design khusus
untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi karena
dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x
dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan
selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang
dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
KELEBIHANNYA :
K-System memberi pilihan untuk anda yang akan melakukan komputerisasi karena
K-System adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan
sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak pendukungnya. K-System
berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System sedang dikembangkan ke Web
Based.
KEKURANGANNYA :
1. Untuk keamanan dan purna jual yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan
dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi perusahaan
kecil, K-System single user diberikan secara cuma2 dan dapat pakai sepenuhnya
di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah dan besar K-System single user ini
bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya
komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap,
integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak
diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan
perusahaan.
D. SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah
sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah
memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan
baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan
berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan
suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage
Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang
tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
KELEBIHANNYA :
- Efisien dan mudah digunakan
- Kemampuan reporting yang kompeten
- Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
- Terintegrasi penuh
- Support Windows dan Linux
- Kombinasi desktop base dan web base
Sage Accpac ERP
mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial
Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial
Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk
menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan solusi
yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul finansial meliputi:
- General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan
kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul
operasional meliputi:
- Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
KEKURANGANNYA :
1.
Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika
digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.
2.
Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3.
Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4.
Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.
E. MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your
Own Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara
terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi
dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang
terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara
otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan
berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada
berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri
(pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
KELEBIHANNYA :
1.
User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai
pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
2.
Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
3.
Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses
ekspor/impor file yang merepotkan.
4.
Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5.
Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6.
Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan
analisis laporan dalam bentuk grafik.
7. Mudah
dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa SMK/SMA dan
mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi langsung
dalam pengelolaan perusahaan.
8. Bisa
diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil,
menengah, dan besar
KEKURANGANNYA :
1.
Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
2.
Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan
modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
3.
Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi
relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
4.
Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya
laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan
MYOB.
5.
database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk
transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan
server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih
realistis.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar