MINGGU
|
POKOK BAHASAN & TIU
|
SUB POKOK BAHASAN & SASARAN BELAJAR
|
CARA PENGAJARAN
|
MEDIA
|
TUGAS
|
SUMBER
|
1 & 2
|
Arti Pentingnya Organisasi dan Metode
TIU :
Mahasiswa mengetahui pentingnya organisasi dan metode
|
- Pengertian Organisasi dan Metode
- Sejarah Organisasi
- Desain Organisasi Formal dan Informal.
- Teory Organisasi
Sasaran Belajar
- Mahasiswa dapat menjalaskan apakah yang dimaksud dengan istilah organisasi dan metode.
- Mahasiswa dapat mengetahui sebab dari mengapa organisasi dan metode dibutuhkan oleh manajemen.
- Mahasiswa dapat mengambarkan fungsi pelayanan O & M
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang sejarah timbulnya organisasi.
- Agar mahasiswa memiliki dasar tentang organisasi tersebit.
|
Ceramah
|
OHP
Papan Tulis
|
Mendeskripsikan fungsi-fungsi pelayanan O & M pada organisasi tertentu.
|
1,3,7
|
3
|
Hubungan antara Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja.
TIU :
Mahasiswa dapat mengetahui hubungan timbal-balik antara manajemen, organisasi dan tata kerja.
|
1. Hubungan Timbal balik antara Manajemen, Organisasi dan tata kerja.
2. Fungsi satuan Organisasi dan Metode.
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari manajemen.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan timbal-balik antara kegiatan dan kerja sama dengan tujuan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dalam rangka menejemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.
|
Ceramah Diskusi
|
OHP Papan Tulis
|
Membuat kerangka hubungan timbal balik antara menejemen dan organisasi, Manajemen dan tata kerja, serta manajemen, organisasi dan tata kerja.
|
1,6
|
4
|
Sistem Perilaku Organisasi
TIU :
Agar mahasiswa dapat mengetahui system yang berhubungan dengan organisasi, serta ruang lingkup organisasi.
|
- Hubungan Timbal-balik antara manajemen, Organisasi dan Tata Kerja.
- Fungsi satuan Organisasi dan Metode.
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pengertian secara umum dari manajemen.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerja sama dengan tujuan.
- Mahasiswa dapat menjalaskan mengapa dalam rangka manajemen harus ada organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari tata kerja ( metode ).
- Mahasiswa dapat ,enunjukan tujuan daripada pemakaian tata kerja yang tepat.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan antara manajemen dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian secara umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan timbal balik antara organisasi dan tata kerja.
- Mahasiswa dapat mengetahui fungsi satuan organisasi dan metode.
|
Ceramah Diskusi
|
OHP Papan tulis
|
Mengklasifikasikan kegiatan-kegiatan dalam organisasi yang masuk dalam Ruang Lingkup O & M ( Ambil contoh salah satu ( Organisasi) Perusahaan.
|
1,5,6
|
5 & 6
|
Organisasi
TIU :
Mahasiswa dapat memahami tentang organisasi.
|
- Tipe atau Bentuk Organisasi
- Struktur atau Skema Organisasi.
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi dengan mengingat pengertian umum dari organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan definisi bentuk organisasi menurut beberapa ahli organisasi manajemen.
- Mahasiswa dapat menyebutkan hal-hal penting yang perlu dipenuhi dalam membentuk suatu organisasi.
- mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri daripada organisasi yang sehat, tepat dan sempurna.
- Mahasuiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan prinsip rasionalitas.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pegertian dari spoil system, patronage system dan nepothisme system.
- Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan rrentang kendalai ( span of control ) dengan batasan-batasan.
- mahasiswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk organisasi dengan kebaikan serta keburukannya.
- Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan skeme organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat skema organisasi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam pembuatan skema organisasi.
|
Ceramah Diskusi
|
OHP Papan tulis
|
Tugas Kelompok membuat paper dengan tema, spoil system, Nephotisme system, spand of control.
|
1,2,6
|
7 & 8
|
Dinamika Organisasi
TIU :
Mahasiswa dapat memahami tentang dinamika organisasi.
|
- Dinamika konflik.
- Jenis dan sumber konflik
- Strategi penyelesaian konflik.
- Motivasi.
- Teori motivasi
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat meyebutkan hal-hal yang dapat mempengaruhi pergerakan atau proses berjalannya suatu organisasi.
- Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat konflik dan menyebutkan jenis-jenis konflik.
- Mahasiswa dapat menyebutkan sebab-sebab timbulnya konflik organisasional.
- Mahasiswa dapat menyebutkan bidang structural dalam organisasi dimana sering terjadi konflik.
- Mahasiswa dapat menjelaskan perubahan terhadap kebijaksanaan, strategi, dan taktis dengan memberikan contoh untuk masing-masing perubahan tersebut.
- Mahasiswa dapat membedakan teori motivasi yang diperkenalkan oleh Mc Gregor, Abraham Maslow, David Mc Cellend, Herzberg.
|
|
OHP Papan tulis
|
Cari contoh organisasi yang sedang mengahadapi konflik dan mencari jalan penmecahanya, sesuai dengan konsep- konsep yang ada.
Membuat konsep motivasi di dalam Organisasi tersebut sesuai teori Abraham Maslow.
|
2, 3,5,7
|
9 &
10
|
Proses Oraganisasi
TIU :
Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana proses Organisasi.
|
- Proses mempengaruhi.
- Proses Pengambilan Keputusan.
Sasaran belajar :
- Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimanakah proses mempengaruhi dapat berlangsung.
- Mahasiswa dapat membedakan pengertian pengaruh dengan kekuasaan dan dengan wewenang.
- Mahasiswa dapat meyebutkan beberapa beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk membahas hubungan antara kekuasaan dan pengaruh.
- Mahasiswa dapat menjelaskan proses pengambilan keputusan.
- Mahasiswa dapat menyebutkan dua buah model Fisher dalam prosesr pengambilan keputusan.
- Mahasiswa dapat menyebutkan teknik-teknik pengambilan keputusan
|
Ceramah Diskusi
|
OHP Papan tulis
|
Membuat pembedaan proses pengaruh berdasarkan kekuasaan dengan berdasarkan wewenang.
|
2, 7
|
11
|
Komunikasi dalam Organisasi
TIU :
Mahasiswa dapat memahami bagaimana komunikasi dalam organisasi
|
- Pengertian Komunikasi
- Bagaimana menyalurkan ide melalui konunikasi.
- Hambatan-hambatan komunikasi.
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat menjelaskan mengapa komunikasi diperlukan dalam organisasi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat terjadinya komunikasi yang baik.
- Mahasiswa dapat menjelaskan apa yang dimaksud dengan one way traffic dan two way traffic.
- Mahasiswa dapat menghitung jumlah arus tata hubungan yang ada dalam organisasi dengan mengunakan rumus J.E Walters.
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian komunikasi menurut para ahli.
- Mahasiswa dapat menyebutkan unsure-unsur komunikasi.
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam komunikasi yang dapat terjadi dalam organisasi berikut contohnya.
- Mahasiswa dapat menjelaskan tahap-tahap yang dilalui dalam proses komunikasi.
- Mahasiswa dapat mengambarkan hubungan komunikasi dalam koordinasi kerjasama.
- Mahasiswa dapat mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi dalam berkomunikasi.
|
Ceramah Diskusi
|
OHP Papan tulis
|
Mempresentasikan paper yang telah dibuat kemudian menklasifikasikan hambatan-hambatan dalam komunikasi.
|
2, 7
|
12
|
Perkembangan Pandangan Baru tentang Organisasi.
TIU :
Mahasiswa dapat mengetahui tentang pendangan baru organisasi.
|
- Arti pengembangan Organisasi.
- Sejarah perkembangan Organisasi.
- Karakteristik Pengambangan Oragnisasi.
- Organisasi Masa Depan.
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat mengetahui arti pengembangan organisasi.
- Mahasiswa dapat membandingkan perkembangan organisasi saat ini dengan sejarah organisasi.
- Mahasiswa dapat mengenali karakteristik yang berhubungan dengan organisasi.
- Mahasiswa dapat memahami perkembangan organisasi.
|
Ceramah Diskusi
|
OHP Papan tulis
|
Membuat “ Daur Hidup Organisasi “
|
3,4,7
|
13
|
Kepemimpinan
|
- Pengertian
- Tipe-tipe Kepemimpinan
- Teori-Teori Kepemimpinan
Sasaran Belajar :
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kepemimpinan
- Mahasiswa dapat mengerti tipe-tipe kepemimpinan.
- Mahasiswa dapat menyebutkan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.
- mahasiswa dapat mengetahui teori yang mendasari kepemimpinan.
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi dari pemimpin dalam organisasi.
|
Ceramah Diskusi
|
OHP Papan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar