MANAJEMEN
INFORMASI
Manajer sebuah kios majalah dilobby
suatu hotel dapat mengekolah usahanya dengan mengamati aktva berwujudnya barang
dagang, cash register, ruangan dan urusan pelanggan.ketika skala operasi meningkat
menjadi suatu perusahaan dengan ratusan atau ribuan pekerja, dengan operasi
yang tersebar diwilayah yang luas, manager tidak lagi dapat menggadalkan
pengamatan, tetapi harus lebih mengandalakan informasi.
Jenis-jenis sumber daya utama
Manajer mengelola
lima jenis sumber daya utama:
- Manusia
- Material
- Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
- Uang
- Informasi
Tugas
manajer utama adalah mengelola sumber daya ini agar dapat dipergunagakan dengan
cara yang paling efektif, istilah sumber daya fisik untuk menggambarkanya.
Jenis sumber daya kelima, informasi, memiliki nilai dari apa yang diwakilinya,
bukan dari bentuk wujudnya. Istilah sumber
daya konseptual untuk menggambarkan informasi dan data
Manajemen sumber daya
Sumber daya
diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan, setelah sumber daya
di susun lalu manajer maksimalkan penggunaanya, manajer meminimalkan waktu dan
menjaga agar berfungsi pada efesiensi puncak, akhirnya manajer mengganti sumber
daya ini pada saat kritis, sebelum sumberdaya ini tidak efesiensi
Bagaimana informasi dikelola
Kita dapat
melihat dengan mudah bagaimana manajer mengelola sumber daya fisik, manajer
memastikan bahwa data mentah yangdiperlulakan terkumpul dan kemudian diperoses
menjadi informasi yang berguna. Kemudian manajer memastikan orang yang layak
dalam organisasi menerima informasi yang tepat pada saat yang tepat sehingga
informasi tersebut dapat di manfaatkan. Akhirnya manajer membuat informasi yang
tidak berguna lagi dan meggantikan informasi yang terkinidan akurat.
PERHATIAN PADA MANAJEMEN INFORMASI
Para manajer memberi perhatian yang
semangkin besar pada manajemn informasi selama beberapa tahun terakhir ini
karena dua alasan utama. Pertama, kegiantan bisnis telah menjadi semakin rumit.
Kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
Kemampuan Komputer Yang Semakin Baik
Kita
mengetahui bahwa para pemakai komputer meliputi:
- Manajer
- Non-manajer
- Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam perusahaan
Tempat para manajer
Manajer dapat ditermukan dimana-mana, tetapi perlu disadari
bahwa mereka ada diberbagai tingkat dan dalam berbagai bidang fungsional
didalam perusahaan
Tingkat Manajemen
- Tingkat perencaan strategis ( strategic planning level ). Istilah ini menujukan pengaruh atas keputusan-keputusan yang diambil pada seluruh organisasi. Manajer tingkat menengah mencangkup manajer wilayah, direktur, produk, dan kepala devisi.
- Tingkat pengendalian manajemen( management control level) yang menyadari bahwa tanggung jawab mereka mengubah rencena menjadi tindakan dan memastikan agar tujuan tercapai.
- Tingkat pengendalian operasional (operational control level) tempat dimana operasi perusahaan berlangsung.
Keahlian Manajemen
Manajer
berkomunikasi dengan bawahanya, atasannya orang-orang diunit lain dalam
perusahaan, dan dengan orang-orang diluar perusahaan. mereka membuat
perubahan-perubahan pada operasi perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai
tujuannya
Pengetahuan Manajemen
Istilah
“mengerti” ( literacy) digunakan untuk menggambarkan 2 jenis pengetahuan yang
merupakan kunci menggunakan komputer, pengetahuan yang satu adalah mengerti
komputer (komputer literacy); dan yang lainnyanadalah mengerti informasi
(information literacy).
·
Mengerti
Komputer: pengetahuan ini mencangkup pengertian mengenai istilah- istilah
komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahaan komputer.
·
Mengerti
Informasi: bagaiamana menggunakan
informasi pada tiap tahap dari proses pemecahan masalah, dimana informasi dapat
diperoleh, dan bagaimana berbagi informasi dengan orang lain.
MANAJER DAN SISTEM
Para ahli menajem sering mengatakan bahwa jika seorang
manajer memandang organisasinya sebagai suatu sistem, hal itu akan membuat
pemecahan masalah lebih mudah dan efektif.
Apa itu sistem?
Sistem
adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk
mencapai suatu tujuan.
Elemen-elemen Sisterm
Tidak semua
sistem memeliki kombinasi yang sama, tetapi suatu sususan dasar yaitu, sumber
daya input diubah menjadi sumber daya output, sumber daya mengalir dari elemen
input, melalui elemen transformasi, ke elemen output.
Sistem Lingkarang Tertutup dan
Terbuka
Suatu sistem
tanpa elemen mekanisme pengendalian,lingkaran umpan balik, dan tujuan tersebut
sistem lingkaran terbuka ( open loop system ). Contoh sistem seperti ini adalah
pemanas ruang llistri yang kecil, yang ditancapkan, menyala ,dan terus
menghasilkan panas hingga alat itu dimatikan
Suatu
sistemn dengan tiga elemen pengendalian (tujuan, mekanisme pengendalian,
lingkaran umpan balik )disebut sistem lingkaran tertutup(closed loop system ).
Sistem Terbuka dan Tertutup
Suatu sistem
yang dihubungkan dengan lingkaran mulai arus sumber daya disebut sister terbuka
(open system ), suatu sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkaran ada sistem
tertutup (closed system ).
Subsistem
Subsistem
sebenarnya hanyalah sistem didalam suatu sistem. Ini berarti bahwa sistem
berada pada lebih dari satu tingkat. Misal, sistem mesin adalah kombinasi dari
sistem karburator, sistem generator,sistem bahan bakar dan seterusnya.
Sistem-sistem ini dapat dibagi lagi menjadi sistem tingkat lebih rendah atau
bagian-bagian elemen.
Supersistem
Walaupun
istilah supersistem jarang diguanakan, sistem seperti ini ada. Jika suatu
sistem adalah bagian sistem yang lebih besar, sistem yang lebih besar itu
adalah supersistem
Sistem Fisik dan Sistem konseptual
Perusahaan
bisnis adalah suatu sistem fisik, ia terdiri dari sejumlah sistem fisik.suatu
sistem konseptual ,sebalikanya adalah sistem yang menggunakan sumber daya
konseptual – informasi dan data – untuk mewakili suatu sistem fisik.
Pentingnya Suatu Pandang Sistem
Suatu
pandangan sistem (system view )melihat operasi bisnis sebagai sistem – sisten
yang melekat pada suatu lingkungan yang lebih luas. Ini adalah suatu cara
pandang yang abstrak, tetapi bernilai potensial bagi manajer. Pandangan sistem
ini:
- Mencegah manajer tersesat dalam kerumitan struktur organisasi dan rician pekerjaan.
- Menyadari perlunya memiliki tujuan-tujuan yang baik.
- Menekankan pentingnya kerja sama dari semua bagian dalam organisasi.
- Mengakui keterkaitan organisasi dengan lingkuangannyan.
- Memberi penilaian yang tinggi pada informasi umpan balik yang hanya dapat dicapai dengan cara sistem lingkaran tertutup.
DATA VERSUS INFORMASI
Data terdiri
dari fakta-fakta dan angka-angka yang relatif tidak berarti bagi pemakainya,
Informasi adalah data yang terlah diperoses atau data yang memiliki arti.
Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (
information processor ). Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci
dalam sistem konseptual. Pengelola informasi dapat meliputi elemen-elemen
komputer, elemen-elemen non elemen komputer ,atau kombinasi keduanya.
SUATU MODEL SISTEM INFORMASI BERBASIS
KOMPUTER
Informasi
disajikan dalan berntuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi.
Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari bidang aplikasi berbasis
komputer –SIA, SIM DSS, kontor virtual, dan berbasis pengetahuan. Istilah
sistem informasi berbasis komputer (computer based information system ), atau
CBIS, untuk mengambarkan lima subsistem yang telah menggunakan komputer.
ORGANISASI JASA INFORAMASI
Spesialis
Informasi
Spesialis
informasi ( information specialist )untuk menggambarkan pegawai perusahaan yang
penuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis
komputer.
Ada 5
golongan utama spesialis informasi:
- Analis sistem ( system analist )
- Pengelola data base ( database administrator )
- Spesialis jaringan ( network specialist )
- Programer
- Operator
KECENDERUNGAN MENUJU END-USER
COMPUTING
Kecenderungan
ini adalah meningkatkan minat pemakai dalam aplikasi komputer mereka sendiri.
Nama yang diberikan untuk situasi ini adalah end-user computering. Jadi end -
user computing (EUC) adalah pegembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis
komputer oleh pemakai.
End – user
computing berkembang karena empat pegaruh utama:
- Meningkatnya pengetahuan tentang komputer
- Antrian jasa informasi
- Perangkat keras yang murah
- Perangkat lunak jadi
Peran
Spesialis Informasi dalam End-user Computing
Menggambarkan
suatu skenario end – user computing dimana pemakaian mengandalkan dukungan dari
para spesialis informasi hingga tingkat tertentu. Kita menyebutnya ranti
komunikasi end – user computer
MENCAPAI CBIS
Dalam
beberapa hal, tiap subsistem CBIS menyerupai suatu organisme hudup – lahir,
tumbuh, menjadi matang, berfungsi, dan berakhirnya mati. Proses evolusi ini
disebut siklus hidup sistem ( syste, life cycle – SLC ), dan terdiri dari tahap
– tahap berikut:
- · Perencanaan
- · Analis
- · Rancangan
- · Penerapan
- · Penggunaan
SUMBER:
BUKU SISTEM INFORMASI MANAGEMENT JILID 1, PENGARANG "Raymond McLeod,Jr. "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar